WARNING!!

これをコピー&ペーストすることは禁止

WALCOME TO MY BLOG

Rabu, 23 November 2011

CAra memperbaiki Tampilan Wind Xp

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman sehari-hari dan seringnya membantu teman saya yang mendapat kesulitan pada windowsnya. Mungkin kejadian ini sering juga terjadi kepada para pengguna Sistim Operasi Microsoft Windows XP. Seperti kita ketahui pada xp tampilan untuk kita masuk (login) ke dalam sistim ada dua macam, yaitu ;Welcome Login Screen


Classic Login Screen

Biasanya setelah kita meng-install win xp maka tampilan yang akan muncul adalah welcome screen, dan kebanyakan dari kita lebih senang akan tampilan tersebut karna mungkin lebih indah dipandang.
Tapi suatu ketika entah apa yang kita lakukan terhadap windows xp kita apakah itu kita mengubah setting di dalamnya atau ada hal-hal tertentu yang mungkin tidak kita sadari akibatnya. Pada saat kita menghidupkan komputer kita yang muncul pada tampilan login bukan lagi welcome screen yang indah tetapi tampilan classic login, sejenak kita pasti akan bingung karena kita merasa komputer kita tidak lagi memiliki tampilan yang keren dan malah jadi terkesan “jadul” tampilan loginnya. Untuk sebagian orang memang hal ini tidak terlalu berarti karena yang terpenting bagi mereka adalah bukan bagaimana tampilan login dari komputer yang digunakan tetapi kemampuan komputer yang digunakan. Tetapi ada juga yang mempermasalahkan tampilan login tersebut dan bukan tidak mungkin seorang user akan panik menemui tampilan loginnya tak seindah biasanya.
Jika menemui kejadian seperti itu tak perlu panik dulu apalagi sampai terlintas fikiran untuk me-repair win xp kita. Dibutuhkan sedikit kesabaran untuk memperbaikinya. Bagaimana cara mengembalikan tampilan yang kita inginkan itu ?. Mudah saja. Ikuti langkah-langkah berikut baik-baik ;
· Buka Control Panel, kemudian pilih User Account


· Jika sudah muncul tampilan di atas pilih “Change the way users log on or off”, maka akan muncul tampilan seperti ini ;

Anda tingga memilih “Use the Welcome Screen”, kemudian tekan Apply Option. Restart komputer anda maka tampila welcome screen akan kembali muncul saat anda akan melakukan login.
Sudah selesaikah permasalahan yang kita hadapi ? Belum tentu. Bagaimana jika pada saat kita masuk ke Control Panel > Users Account > Change The Way Users Lon on or off, yang muncul adalah sebuah pesan kesalahan “Client Services for NetWare has disabled the Welcome screen error windows xp” dan tidak ada yang bisa kita lakukan terhadap menu seperti gambar di atas.
Untuk mengatasi masalah tersebut langkah-langkahnya seperti berikut (langkah 1);
· Pilih Start > Network Connection >All Connection,
· Pilih Network yang ada klik kanan pilih properties, akan tampil menu

Periksa di bagian yang diberi panah merah apakah ada pilihan “Client for Netware”, jika ada buang dengan cara memilih pilihan tersebut lalu pilih tombol Uninstall. Restart komputer anda lihat hasilnya.
Jika hasilnya tidak sesuai harapan (masih classic login), masuk kembali ke windows kemudian lakukan tahap-tahap ini.
· Klik Start > Run > ketik regedit, tekan tombol enter.
· Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon

· Cari GinaDLL key pada bagian yang diberi tanda panah, pilih kemudian hapus dengan menggunakan tombol delete atau dengan klik kanan mouse anda. Restart komputer anda, mudah-mudahan kali ini sukses seuai harapan.
Bagaiman jika yang muncul masih login classic, jangan sedih dulu anda bisa melakukan tahapan seperti di atas hanya ada beda sedikit. Pada saat anda membuka menu Properties dan LAN Connenction seperti ini ;

Jika tadi pada langkah 1 anda sarankan untuk meng-uninstall “Client for Netware” pada langkah 2 ini anda disarankan untuk meng-install “Client for Netware” dengan cara klik tombol install seperti gambar berikut ;

Maka akan muncul tampilan serperti :

Lalu anda pilih add dan pilih Client for Netware. Setelah selesai restart komputer anda kembali. Setelah masuk ke dalam win xp lakukan lagi proses seperti langkah 1, mudah-mudahan sekarang semuanya kembali seperti sedia kala.
Semoga tips ini dapat memberi manfaat bagi semua, jika ada diantara pembaca yang memiliki cara lain yang lebih mudah tidak ada salahnya kita bagi pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar